Wednesday 13 August 2014

Sekilas Tentang Bahasa Java

Sekilas Tentang Bahasa Java

       Java merupakan software atau perangkat lunak yang diproduksimoleh perusahaan Sun Microsystem Inc. Dengan java dapay membuat beberapa aplikasi, antara lain Dekstop Programming (pemrograman dekstop), Web Programming (pemrograman web), Mobile Programming (pemrograman mobile/handphone).
       Pada dasarnya software Java merupakan turunan dari bahasa C yang tulisannya adalah mirip dengan behasa C, karena di dalam bahasa C terdapat kekurangan maka dibuatlah bahasa java untuk memperbaiki dan menyempurnakan kekurangan dari bahasa C. Java dirilis pertama kali dengan nama JDK(Java Development Kit), kemudian dirilis lagi JDK Versi 2 dan dikenal dengan nama Java 2. Pada saat itu Java 2 dibagi menjadi 3 macam edisi, antara lain J2EE (Java 2 Enterprise Edition), J2SE (Java 2 Standart Edition) dan J2ME (Java 2 Micro Edition).
       J2EE diperkenalkan pada tahun 1998. J2EE dibuat untu pemrograman enterprise (perusahaan skala besar) dan di dalam J2EE terdapat sebuah komponen pemrograman web. Di dalam komponen pemrograman web terdiri dari JSP(Java Server Pages) dan Servlet. Pengertian  JSP sendiri  adalah aplikasi web yang berjalan di sisi browser. Sedangkan Servlet adalah class yang berjalan dalam Java enabled Web Server dan melakukan generating dokumen HTML yang kemudian dikirimkan ke browser klien untuk di tampilkan.
       JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk pemrograman web yang penulisan bahasanya seperti java. JavaScript bahasa yang source kodenya dapat diakses dan namun terbatas, source kodenya terintegrasi dengan HTML dan dapat dikenali langsung oleh browser.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . Jabalraya - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger